Pengwil Sulsel INI Adakan Magang Bersama ALB

Pengwil Sulsel INI Adakan Magang Bersama ALB
Suasana Magang Bersama dan Evaluasi ALB pengwil Sulsel INI

Makassar - Pengurus Wilayah Sulawesi Selatan Ikatan Notaris Indonesia (Pengwil Sulsel INI) mengadakan Magang Bersama dan Evaluasi Anggota Luar Biasa (ALB) pada Selasa-Rabu, 6-7 Maret 2018 di Hotel Swissbell Makassar.

Magang bersama yang dilaksanakan oleh Pengwil Sulsel INI sesuai dengan aturan yang berlaku di perkumpulan Ikatan Notaris Indonesia (INI) dan merupakan pelaksanaan dari hasil Rapat Pleno Pengurus Pusat Yang Diperluas di Balikpapan pada 12 Januari 2017  jo. Rapat Pleno Pengurus Pusat Yang Diperluas di Solo pada 25-27 Januari 2018 lalu.

Diaturan tersebut disebutkan untuk menjadi notaris, lulusan Magister Kenotariatan wajib mengikuti magang bersama untuk dapat mengikuti ujian pengangkatan notaris yang diselenggarakan oleh Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Menurut Ketua Bidang Diklat Pengwil Sulsel INI, Tjhin Jefri Tanwil, SH, pelatihan ini selain melaksanakan aturan organisasi juga sebagai wujud untuk menghasilkan notaris-notaris yang mumpuni yang menjunjung tinggi harkat dan martabat, serta keluhuran notaris. ”Kami ingin menghasilkan notaris yang berkualitas dan bisa melayani masyarakat sebaik-baiknya sesuai aturan.” ujarnya.

Magang bersama ini diikuti oleh 65 calon notaris (ALB INI), dan materi yang diberikan adalah tentang perkumpulan INI, administrasi kantor notaris, seputar badan hukum, pembuatan akta wasiat, perbankan, serta materi lain yang berkaitan dengan praktek notaris.

Sementara itu, Ketua Pengwil Sulsel INI, Hustam Husain, SH, menyambut antusias kehadiran para ALB yang mengikuti magang bersama, menurutnya peserta yang datang bukan saja dari Sulsel tapi juga dari propinsi lain. “Magang bersama ini merupakan kewajiban bagi para lulusan MKn dan ini dilaksanakan untuk pertama kalinya di Makassar. Dan saya gembira karena peserta ada yang dari luar, itu artinya mereka percaya kepada Pengwil Sulsel”.

Hustam Husain berharap dengan adanya magang bersama ini bisa membentuk notaris profesional, handal, dan dapat bertanggung jawab dalam melayani masyarakat.

 


Sumber: https://notarissulsel.com